Perkiraan USD/JPY: Retracement Di Tengah Hawkish BoJ

BoJ Seiji Adachi mengatakan bank sentral dapat menaikkan suku bunga jika melemahnya yen menyebabkan inflasi dan ekspektasi inflasi lebih tinggi. Khususnya, mata uang Jepang telah kehilangan lebih dari 10% nilainya tahun ini meskipun ada kenaikan suku bunga BoJ yang pertama pada bulan Maret

May 30, 2024 - 03:01
 0  13
Perkiraan USD/JPY: Retracement Di Tengah Hawkish BoJ
  • Ada peningkatan tajam dalam kepercayaan konsumen AS dari 97,5 menjadi 102,0 pada bulan Mei.
  • Imbal hasil AS naik, menyebabkan penurunan yen.
  • Seiji Adachi dari BoJ mengatakan bank sentral dapat menaikkan suku bunga karena melemahnya yen.
  • Perkiraan USD/JPY adalah bullish meskipun ada fluktuasi di tengah kenaikan imbal hasil AS dan komentar hawkish Bank of Japan. Pasangan ini awalnya mencapai level tertinggi dalam 4 minggu karena dolar dan imbal hasil AS naik. Namun, kebijakan tersebut mundur setelah pembuat kebijakan BoJ mengisyaratkan kemungkinan kenaikan suku bunga dalam waktu dekat.

Data pada hari Selasa menunjukkan peningkatan tajam dalam kepercayaan konsumen AS dari 97,5 menjadi 102,0 pada bulan Mei. Hal ini menyebabkan reli dolar karena penurunan ekspektasi penurunan suku bunga Fed. Pada saat yang sama, imbal hasil naik, menyebabkan penurunan yen. Perekonomian yang kuat berarti The Fed akan mempertahankan suku bunga tinggi lebih lama. Hal ini pada gilirannya akan memperlebar kesenjangan suku bunga antara Jepang dan Amerika.

Namun, yen sedikit menguat setelah anggota dewan BoJ Seiji Adachi mengatakan bank sentral dapat menaikkan suku bunga jika melemahnya yen menyebabkan inflasi dan ekspektasi inflasi lebih tinggi. Khususnya, mata uang Jepang telah kehilangan lebih dari 10% nilainya tahun ini meskipun ada kenaikan suku bunga BoJ yang pertama pada bulan Maret. Penurunan ini disebabkan oleh perbedaan suku bunga antara Jepang dan Amerika. Bahkan intervensi Bank Sentral Jepang hanya berdampak sementara terhadap yen. Analis memperkirakan kenaikan BoJ lagi pada bulan Juli.

Sementara itu, survei menunjukkan sentimen konsumen yang lebih buruk di Jepang pada bulan Mei. Rencana Bank of Japan untuk menaikkan suku bunga terus menghadapi tantangan karena data menunjukkan lemahnya permintaan ekonomi.

Perkiraan teknis USD/JPY: Bulls tetap lemah di atas 156,50

Di sisi teknis, harga USD/JPY diperdagangkan antara level support 156,50 dan level resistance 158,01. Selain itu, pasangan ini telah mempertahankan posisinya di atas SMA 30, mendukung bias bullish.

Namun, momentum masih lemah, dengan harga tetap berada di dekat SMA dan RSI gagal mencapai level overbought. Jika tren dangkal ini terus berlanjut maka harga akan mencapai resistance 158.01. Di sisi lain, jika pembeli melepaskan kendali, maka harga akan menembus di bawah SMA dan level support 156,50.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

pasartrading Pasar Trading.com sumber terpercaya untuk informasi terkini seputar forex dan saham. Kami berkomitmen untuk memberikan panduan mendalam, analisis terkini, dan strategi cerdas untuk membantu Anda memahami dan mengoptimalkan investasi Anda dalam pasar keuangan global.